Mirip PKH, Pemerintah Malaysia Akan Beri Bantuan Para Lajang

Mirip PKH, Pemerintah Malaysia Akan Beri Bantuan Para Lajang

Pemerintah Malaysia agendakan pemberian bantuan kepada para pemuda lajang di Malaysia.

Para Lajang Malaysia Akan Diberi Bantuan Tiap Bulan

Konten.co.id (Malaysia) – Para lajang di Malaysia akan diberi bantuan oleh pemerintah melalui program yang disebut dengan Bantuan Sara Hidup (BSH).

Melalui program tersebut, Pemerintah Malaysia akan memberikan RM 100 (sekira Rp 345.000) kepada semua warganya yang belum menikah, sebagaimana ada dalam daftar data BSH.

Dilansir New Straits Times, Menteri Keuangan Malaysia, Lim Guan Eng, mengatakan, pencairan bantuan akan dilakukan pada akhir Maret. Uang akan dibayarkan langsung melalui kredit ke rekening bank penerima.

“Pembayaran diharapkan bisa memberi manfaat bagi sekitar tiga juta penerima dengan alokasi RM 300 juta (Ringgit Malaysia) dari pemerintah,” katanya, sebagaimana dilansir Oke News.

Program yang dicanangkan pemerintahan koalisi Pakatan Harapan itu mirip dengan program 1Malaysia People’s Aid (BR1M), yang diluncurkan mantan Perdana Menteri Najib Razak.

Program tersebut ditujukan untuk memberikan bantuan keuangan kepada warga lajang Malaysia yang memiliki penghasilan rendah.

Dalam program BR1M, sebelum kategori untuk para lajang dihapuskan dalam anggaran terakhir, warga Malaysia yang masih lajang, berusia di atas 21 tahun dan berpenghasilan kurang dari RM 2.000 sebulan (sekira Rp 6,9 juta) berhak menerima bantuan uang tunai sebesar RM 450 (Rp1,5 juta)

Lim mengungkapkan, untuk pembayaran BSH, pihaknya alan mengkaji ulang dan menyampaikan kepada kabinet sebelum pembayaran selanjutnya.

Lim juga mengatakan bahwa Menteri Dalam Negeri, Tan Sri Muhyiddin Yassin sebelumnya, mengusulkan pemerintah harus membantu secara finansial pemuda lajang dan memiliki gaji kecil.

Jika di Indonesia, pemerintah memberikan bantuan melalui Program Keluarga Harapan kepada para ibu, janda yang kurang mampu. (ME)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *