Manggis Sukabumi Dilirik Cina

Manggis Sukabumi Dilirik Cina

Untuk mempermudah ekspor serta meningkatkan kesejahteraan petani, pemerintah buka akses ke Cina

Ribuan Ton Manggis Sukabumi Diekspor Langsung ke Cina

Konten.co.id – Kabupaten Sukabumi akhirnya mengekspor Manggis ke negara tetangga. Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman mengatakan, tanpa transit ke Malaysia, manggis asli Sukabumi ini akan langsung diekspor langsung sampai ke Cina.

Dilansir dari laman Radar Sukabumi, sebelum ke Cina, ekspor manggis dari Indonesia biasanya melakukan transit terlebih dahulu di Malaysia serta Singapura. Namun, berbeda dengan ekspor kali ini, manggis dari Sukabumi akan langsung ke Cina. Hal dilakukan demi mempermudah ekspor serta meningkatkan kesejahteraan petani.

“Tidak ada transit, manggis yang akan diekspor ke Cina akan langsung ke sana,” ujar Amran, dilansir dari laman Radar Sukabumi saat kunjungan kerja ke Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan data yang ada, eskpor manggis Indonesia terus mengalami peningkatan. Tahun 2017 lalu, ekspor manggis mencapai 9.000 ton. Sementara pada tahun 2018 naik menjadi 38.000 ton atau naik sebesar 300 persen.

Tidak ada transit, manggis yang akan diekspor ke Cina akan langsung ke sana

Menurut Amran, ekspor pangan Indonesia naik sekitar 29 persen atau Rp400 triliun.

Pada 2014 atau awal pemerintahan Jokowi Dodo-Jusuf Kalla nilai Produk Domestik Bruto (PDB) sektor pertanian hanya diangka Rp900 triliun. Sementara ini naik menjadi Rp1.460 triliun. Sehingga PDB pertanian naik Rp470 sampai Rp500 triliun.

“Akumulasi kenaikan PDB Rp1.370 triliun atau separuh dari APBN serta peningkatan ini dinilai sangat tajam,” jelasnya

Lanjutnya, ada sebanyak 460 komoditas pangan yang dikelola Kementerian Pertanian kelola 460 komoditas pangan.
Dengan peningkatan ekspor manggis sebesar 300 persen, pemerintah tidak hanya mengandalkan padi dan jagung sebagai produk pangan. (ME)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Video

Berita pilihan