Liburan di Surabaya, Yuk Kunjungi Tugu Pahlawan

Liburan di Surabaya, Yuk Kunjungi Tugu Pahlawan

Wisata ke museum bisa jadi pilihan liburan mengasyikan. Salah satunya mengunjungi museum di Surabaya ini.

Wisata ke Museum Sepuluh Nopember, Kenang Jasa Pahlawan

Konten.co.id (Surabaya) – Berkunjung ke Kota Surabaya, Jawa Timur tak lengkap jika belum datang ke Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh Nopember. Lokasinya berada di Jalan Pahlawan.

Tepat berada di depan Kantor Gubernur Jawa Timur. Tugu Pahlawan menjadi saksi perjuangan rakyat Surabaya dalam melawan tentara kolonial.

Wisata Tugu Pahlawan www.konten.co.id
Wisata ke Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan didirikan pada 10 November 1951 dan diresmikan setahun kemudian. Tepat pada 10 November 1952, Presiden Soekarno meresmikan tugu tersebut.

Tujuannya untuk mengenang sejarah perjuangan para pahlawan kemerdekaan Indonesia. Terutama dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Di kompleks tugu, kini telah berdiri bangunan museum. Pembangunan museum dilakukan pada 10 November 1991 pada masa Presiden Soeharto. Museum Sepuluh Nopember berada di lahan seluas 1.366 meter persegi.

Museum berada pada kedalaman tujuh meter di bawah permukaan laut. Keberadaan museum bertujuan untuk mendukung keberadaan Tugu Pahlawan. Museum baru diresmikan pada 19 Februari 2000 oleh Presiden Abdul Rahman Wachid.

Untuk masuk ke museum, hanya perlu membayar tiket sebesar Rp 5 ribu. Di dalam museum, pengunjung bisa melihat sejarah perjuangan rakyat Surabaya. Ada juga suara rekaman asli dari Bung Tomo. Suara tersebut merupakan ajakan Bung Tomo kepada rakyat Surabaya Untuk berjuang.

Museum Sepuluh November www.konten.co.id
Museum Sepuluh November

Ada juga diorama elektronik yang bisa memutar film dokumenter pertempuran Surabaya. Wisata sejarah ini akan membangkitkan rasa nasionalisme. Terutama penghargaan kepada para pahlawan. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *