Lagu Overdose Agnez Mo Dibatasi Tayangannya di Jabar

Lagu Overdose Agnez Mo Dibatasi Tayangannya di Jabar

Belasan lagu berbahasa Inggris dibatasi pemutarannya karena bermuatan seks dalam liriknya. Di antara 17 lagu itu terdapat lagu bertajuk Overdose yang dinyanyikan Chris Brown dan Agnes Mo.

KPID Jabar Memasukkan 17 Lagu ke Kategori Dewasa

Konten.co.id (Bandung) – Sebanyak 17 lagu berbahasa Inggris dibatasi siarannya oleh Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat. Pembatasan itu sesuai dengan surat KPID nomor 40/215/KPID-Jabar/2019.

Namun sejumlah pihak terutama warganet menyebut jika pembatasan tersebut akan mengganggu kebebasan berekspresi. Lagu yang dibatasi tersebut masuk dalam kategori dewasa. Jam siarannya dimulai pukul 22.00 WIB sampai 03.00 WIB. Surat itu dikeluarkan dan ditanda tangani Ketua KPID Jabar pada 18 Februari 2019.

Ke 17 lagu yang dilarang di antaranya, Dusk Till Dawn dan Let Me yang dinyanyikan Zayn Malik, That’s What I Like serta Versace On The Floor dari Bruno Mars, Love Me Harder dari Ariana Grande.

Menurut Ketua KPID Jabar, Dedeh Fardiah, menyebut surat tersebut sesuai dengan tugas pokok dan fungsi KPID untuk mengawasi siaran konten. Menurutnya ada 86 lagu dari hasil pemantauan dan aduan masyarakat yang diduga masuk kategori dewasa.

“Dari jumlah itu, lalu kami terapkan 17 lagu yang bermuatan seks dalam liriknya,” ucap Dedeh.

Pembatasan jam siaran hanya berlaku kepada lembaga penyiaran yang ada di wilayah Jawa Barat. Ada 417 lembaga penyiaran yang berada di bawah naungan KPID Jawa Barat.

Dedeh mengklaim tak ada lembaga penyiaran yang mengajukan nota keberatan, termasuk asosiasi-asosiasi lembaga penyiaran di Jawa Barat.

“Hanya saja, ada beberapa lembaga penyiaran yang meminta penjelasan secara detail soal surat edaran itu. Kebanyakan netizen, pencipta lagu, atau pihak lain yang menentang,” katanya.

Ia menyebut ada salah persepsi karena mengira KPID Jabar melarang pemutaran lagu tersebut. Padahal pihaknya hanya melakukan pembatasan.

“Terus seakan-akan kami membatasi di Youtube. Padahal itu bukan wewnang kami,” ujarnya.

Lagu Chris Brown dan Agnes Mo yang berjudul Overdose juga termasuk dalam 17 lagu yang dilarang. Selain 17 lagu bahasa Inggris, KPID Jabar pada 2016 juga pernah melakukan pembatasan pemutaran 13 lagu dangdut. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *