Keunikan PCX Listrik, Honda Luncurkan di Indonesia

Keunikan PCX Listrik, Honda Luncurkan di Indonesia

Setelah Gesits, motor listrik buatan dalam negeri, kini giliran pabrikan besar yang meluncurkan kendaraan listrik. Honda bersiap menjual PCX listrik di Indonesia tahun ini.

PCX Listrik Bisa Tempuh 69 Kilometer

Konten.co.id – Kendaraan ramah lingkungan kini tengah digembor-gemborkan. Apalagi tak ada emisi gas buang dari kendaraan listrik.

PT Astra Honda Motor pun secara resmi memperkenalkan skutik PCX mereka yang bertenaga murni listrik. Dilansir dari otosia.com, PCX listrik merupakan motor listrik ketiga yang dikembangkan Honda di Jepang.

Sebagai kendaraan listrik, PCX memiliki keunikan pada baterai dan motor penggeraknya. 

Baterai yang digunakan bisa dilepas pasang. Hal itu berfungsi agar saat baterai dicharge bisa diganti oleh baterai lainnya. Pengisian daya baterai pun bisa di rumah, kantor, atau tempat lainnya. 

“Baterai lithium ion portable merupakan sumber energinya. Posisinya selaras sama bodi PCX,” ujar Makoto Mitsukawa, Honda R & D Co. Ltd.

Pada bagian tangki bensin terdapat charger dan power control. Gunanya untuk mengatur suplai tenaga dari motor penggerak dan sumber listrik. Termasuk juga relay dan sistem kelistrikan lainnya.

Tenaga yang dihasilkan motor listrik ini memang belum sebanding motor yang sering digunakan di Indonesia. Namun Honda berangkat dari data konsumen soal kecepatan rata-rata pengguna sepeda motor. 

Dari data Honda, rata-rata kecepatan 40-50 km/jam, jika baterai terisi penuh. Sementara kecepatan maksimalnya rata-rata 65 km/jam yang meliputi data 90 persen konsumen. 

Jarak tempuh bisa mencapai 69 kilometer dengan berkendara konstan, atau jika berkendara lurus di jalan datar dengan kecepatan 40 km/jam. (FW)

Ade Indra
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan