Keterlibatan Asing: Jokowi Menuding, Prabowo Membantah

Keterlibatan Asing: Jokowi Menuding, Prabowo Membantah

Konsultan politik Rusia yang juga pernah menjadi konsultan politik Presiden AS Donald Trump, Rob Allyn Disebut-sebut hadir pada debat Capres 17 januari lalu.

Ribut-ribut Soal Tudingan Peran Konsultan Rusia di Pilpres, Kedubes Rusia Angkat Bicara

Konten.co.id – Calon presiden petahana Joko Widodo mengatakan, terdapat pihak memakai jasa konsultan politik asing pada Pemilu 2019.

Meski Jokowi tak sebut siapa yang dimaksud pihak pengguna dan konsultan tersebut, namun Capres 01 ini menilai strategi ‘propaganda Rusia’: menyebarkan kebohongan sebanyak-banyaknya, dan buat keraguan di kalangan masyarakat.

“Memang teorinya seperti itu. Yang dipakai konsultan asing. Enggak mikir ini memecah belah rakyat atau tidak, enggak mikir mengganggu ketenangan rakyat atau tidak, membuat rakyat khawatir atau tidak, membuat rakyat takut. Enggak peduli,” kata Jokowi sebagaimana dilansir dari laman Merdeka.com, minggu (3/2).

“Konsultannya konsultan asing. Terus yang antek asing siapa? Kanan sampai kita disuguhi kebohongan yang terus-menerus. Rakyat kita sudah pintar, baik yang di kota atau di desa,” kata Jokowi.

Sebelumnya, beredar foto di media sosial terkait keberadaan Rob Allyn pada debat Capres 17 januari lalu. Rob Allyn merupakan konsultan politik Presiden AS Donald Trump.

Sementara itu, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga membantah anggapan jika BPN menggunakan jasa konsultan politik asing pada Pilpres 2019.

“Enggak ada konsultan ini. Gimana bayarnya? Mahal dan mereka enggak ngerti apa-apa tentang politik Indonesia,” kata Prabowo melalui video berdurasi satu menit yang beredar di platform media sosial Whatsapps, dilansir laman Tempo.co.

Tanpa menyebut siapa, Jokowi tuding ada yang menggunakan konsultan Rusia di Pemilu 2019. Merasa dianggap menggunakan konsultan Rusia, Prabowo membantah tuduhan jika ia menggunakan Konsultan Rusia

Dalam video itu, Prabowo sedang bersama juru bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Sebelum klarifikasi, Dahnil menjelaskan kepada Prabowo soal adanya tuduhan bahwa BPN menggunakan jasa konsultan dari Rusia. Pernyataan itu disikapi santai oleh mantan Danjen Kopasus itu.

Prabowo mengatakan, penggunaan konsultan Rusia bukan untuk politik namun untuk keperluan bisnis. “Kalau untuk bidang lain mungkin, untuk ekonomi bisnis dan sebagainya, Tapi kalau politik sama sekali tidak.”

Polemik soal konsultan Rusia nampaknya membuat gerah pihak Negara Rusia. Melalui Kedutaan Besar yang ada di Indonesia, Rusia mengaskan pihaknya tidak ikut campur mengurusi Pilpres 2019 di Indonesia. Hal itu dinyatakan menanggapi pernyataan Jokowi terkait ikut campur konsultan Rusia di Pilpres 2019. menegaskan pemerintahnya tidak mencampuri pemilu di Indonesia.

“Kami menggarisbawahi bahwa posisi prinsipil Rusia adalah tidak campur tangan pada urusan dalam negeri dan proses-proses elektoral di negara-negara asing, termasuk Indonesia yang merupakan sahabat dekat dan mitra penting kami,” tulis Kedubes Rusia dalam cuitan itu, dilansir wartaekonomi.co.id.

Kedubes Rusia kemudian menutup rangkaian cuitan tersebut dengan mengunggah foto Presiden Vladimir Putin dan Presiden Joko Widodo yang sedang berjabat tangan pada Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Rusia di Singapura, November 2018 lalu. (ME)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *