Kesal Lampu Kendaraan Anda Mudah Rusak? Begini Antisipasinya

Kesal Lampu Kendaraan Anda Mudah Rusak? Begini Antisipasinya

Kelengkapan lampu kendaraan menjadi hal yang sangat penting bagi para pengendara. Kita akan was-was ketika malam hari tanpa ada lampu jalan, lampu kendaraan kita mati. Lebih kesal lagi jika hal tersebut sering terjadi lantaran kualitas lampu kendaraan mudah rusak.

Tahan Lama, Lampu LED Jadi Tren Kendaraan Saat Ini

Konten.co.id  – Teknologi LED menjadi kelengkapan penerangan bagian depan mobil keluaran terbaru. LED memiliki tampilan lebih modern ketimbang lampu halogen.

Head Product Improvement Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi mengatakan,  salah satu alasan pemilik kendaraan mencari lampu LED lantaran lebih lamanya usia pemakaian.

“LED ini sebenarnya usia pemakaiannya panjang. Memang ada istilahnya yang rusak, tapi jarang sekali. Paling tidak di atas tiga tahun. Sebenarnya halogen di kita juga sama yang ganti di bawah 3 tahun juga jarang,” kata Bambang belum lama ini di Sibolga, Sumatera Utara, sebagaimana dilansir dari laman Liputan6.com.

Ketika ditanya soal cara merawat lampu LED, Bambang menjelaskan, pemilik kendaraan harus membersihkan lampu serta memperhatikan kondisi mika.

“Kalau perawatan, tidak ada yang berbeda antara halogen dan LED. Cukup satu yaitu kebersihan lampunya dan memperhatikan kondisi mika. Misalkan, ketika lampu menyala itu ada panas. Ketika tertutup oleh debu atau lumpur maka membuat panas di mikanya tidak keluar. Memang secara watt LED lebih kecil namun terang,” katanya.

Masalah biaya pergantian lampu LED, Bambang mengatakan, pemilik kendaraan harus mengeluarkan dana lebih, satu buah lampu LED saja ditaksir mencapai Rp 2 juta,  dan satu set Rp 4 Juta (dua buah). (ME)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *