Kemenag dan DPR Sepakat Ongkos Haji 2019 Tetap Rp35,2

Kemenag dan DPR Sepakat Ongkos Haji 2019 Tetap Rp35,2

Kurs Rupiah tetap jadi acuan terhadap besaran ongkos haji

Tak Naik, Ongkos Haji 2019 Tetap Rp35,2 Juta

Konten.co.id – (Jakarta) – Biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahun 2019 tak alami perubahan dari periode sebelumnya. Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR RI menyepakati besaran berangkat ke tanah suci untuk Haji adalah Rp35,2 juta.

“Kami bersepakat total BPIH tahun ini rata-rata sebesar Rp35.235.602 atau setara US$2.481. Besaran rata-rata biaya haji tahun ini sama dengan rerata BPIH tahun 1439 H/2018 M,” kata Menteri Agama, Lukman dalam rapat kerja di Komisi VIII DPR, Jakarta, dilansir dari laman CNNIndonesia, Senin (4/2).

Lukman mengatakan, dibanding biaya haji di Asia Tenggara, Indonesia menjadi yang termurah. Ia mencontohkan, beban biaya calon jemaah haji (calhaj) di Brunei Darussalam rata-rata di atas US$8.000 setiap tahun, Singapura di atas angka US$5.000 pada 2015-2018.

Sedangkan di Malaysia, kata Lukman, rata-rata biaya untuk haji hampir sama dengan Indonesia. Tetapi, kenaikan biaya haji di Indonesia tahun ini lebih murah dibanding ONH Malaysia pada 2018 yang mencapai rata-rata US$2.557.

Kenaikan biaya ibadah haji di Indonesia  pada lima tahun terakhir terjadi naik-turun. Tahun 2015, ongkos naik haji berkisar di angka US$2.717. Tahun 2016, ongkos alami penurunan menjadi rata-rata US$2.585. Tahun 2017 ongkos haji alami peningkatan menjadi US$2.606, sementara pada tahun 2018 lalu, ongkos haji di kisaran US$2.632.

Biaya haji di Indonesia paling murah dibandingkan negara Asia Tenggara Lainnya 

Menurutnya, kurs rupiah tetap dijadikan acuan biaya oleh Kemenag dan Komisi VIII DPR. Pemakaian mata uang dolar AS sebagai acuan BPIH yang diusulkan sebelumnya, akhirnya dibatalkan.

Lanjut Lukman, perubahan satuan mata uang dibutuhkan untuk menghindari fluktuasi nilai tukar mata uang asing terhadap rupiah. Tetapi, agar tidak membingungkan calon jemaah, pemerintah dan DPR akhirnya menetapkan kurs rupiah sebagai acuan dan jemaah punya angka pasti.

Wakil Ketua Komisi VIII dari Fraksi Golkar TB Ace Hasan Syadzily, mengatakan, jika dikonversi dalam kurs dolar, besaran ongkos haji yang disepakati tahun ini lebih murah ketimbang tahun sebelumnya.

“Jika dibandingkan tahun ini kalau hitungannya dalam dolar maka terjadi penurunan,” kata Ace. (ME)

Infografis Kenaikan biaya ibadah haji di Indonesia  pada lima tahun terakhir www.konten.co.id
Kenaikan biaya ibadah haji di Indonesia pada lima tahun terakhir terjadi naik-turun

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan