Hanya Kuli Bangunan, Uu Bisa Kuliahkan Anak ke ITB dan Unpad

Hanya Kuli Bangunan, Uu Bisa Kuliahkan Anak ke ITB dan Unpad

Jangan menyerah dan putus asa jadi kunci sukses Uu untuk bisa menguliahkan anak-anaknya ke perguruan tinggi ternama.

Kisah Uu Seorang Kuli Bangunan yang Sukses Kuliahkan Dua Anaknya

Konten.co.id (Garut) – Keterbatasan tak jadi kendala bagi Uu Sunarya (49), agar anak-anaknya bisa mendapat pendidikan yang layak. Hanya bekerja sebagai kuli bangunan, Uu bisa menguliahkan anaknya hingga ke perguruan tinggi negeri bergengsi.

Dua anaknya Gina Sabila (21), berkuliah di Universitas Padjajaran (Unpad) jurusan farmasi. Sedangkan anak keduanya yakni Rifky Hafid (19), mengenyam kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) di Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara.

Sebagai kuli bangunan, Uu tak pernah pesimistis untuk menguliahkan anaknya. Dengan penghasilan yang pas-pasan, Uu mempunyai tekad agar kehidupan anak-anaknya bisa lebih baik.

“Sudah puluhan tahun saya kerja jadi kuli bangunan. Sama teman garap proyek bangunan di kawasan Samarang,” ujar Uu saat ditemui di rumahnya di Kampung Malayu Hotel, Desa Cintarakyat, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (27/2/2019).

Penghasilannya tak menentu. Kadang membawa uang setiap hari. Kadang juga tak ada uang yang dibawa ke rumah. Namun ia bisa menyisihkan uang untuk biaya kuliah kedua anaknya.

Ia juga memiliki dua anak lain Firya Nabila (16) dan si bungsu Fariha Maulida (14) yang sekolah di SMAN 15 Garut. Uu dan istrinya Diah (47), tak pernah gentar untuk mencari biaya bagi pendidikan empat anaknya.

Terkadang Uu dan Diah harus puasa seharian. Hal itu dilakukan agar uang yang dimiliki bisa dikumpulkan untuk kedua anaknya yang kuliah di Bandung.

“Kuliah memang dapat beasiswa bidik misi. Cuma tetap kan harus ada uang buat biaya kos dan keperluan sehari-hari. Saya sama istri harus siap nanggung,” ujarnya.

Sejak bangku SMA, dua anaknya sudah berprestasi. Gina pernah menjadi juara umum nilai UN se-Garut pada tahun 2016. Adiknya, Rifky juga menorehkan prestasi serupa dua tahun kemudian.

Uu berharap agar anak-anaknya bisa hidup lebih baik. Bisa memiliki pekerjaan lebih bagus dari orang tuanya.

“Jangan seperti bapaknya yang hanya kerja sebagai kuli bangunan. Harus bisa lebih baik lagi dan berguna bagi bangsa dan negara,” ucapnya. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan