Aturan Mata Uang Digital Dilegalkan Pemerintah

Aturan Mata Uang Digital Dilegalkan Pemerintah

Bitcoin kini telah resmi bisa digunakan untuk transaksi jual beli di Indonesia. Pemerintah sudah membuat aturan terkait mata uang digital ini.

Bitcoin Resmi Bisa Dipakai Transaksi

Konten.co.id (Jakarta) – Mata uang digital seperti bitcoin kini sudah legal di Indonesia. Cryptocurrency kini sudah disamakan dengan komoditas dan bisa diperdagangkan di bursa berjangka.

Tak perlu sembunyi-sembunyi lagi jika akan melakukan transaksi jual beli dengan mata uang digital. Kepastian hukum ini dipastikan setelah Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Indonesia (Bappebti) mengeluarkan peraturan nomor 5 tahun 2019 tentang ketentuan teknis penyelenggaraan pasar fisik aset kripto (crypto asset) di bursa berjangka.

Aturan ini ditandatangani pada 8 Februari 2019. Dalam beleid (cara yang ditempuh untuk melaksanakan program) disebut jika cryptocurrency yang bisa diperdagangkan harus berbasis distributed ledger technology dan berbentuk aset kripto utility.

“Tujuan pembentukan pasar fisik aset kripto sebagai sarana pembentukan harga yang transparan dan penyediaan sarana serah terima fisik,” tulis beleid yang ditandatangani Kepala Bappebti Indrasari Wisnu Wardana.

Selain itu dipergunakan sebagai referensi harga di bursa berjangka, kepastian hukum, perlindungan pelanggan aset kripto dan memfasilitasi inovasi, pertumbuhan, dan perkembangan kegiatan usaha perdagangan fisik aset kripto.

Perdagangan aset kripto dapat difasilitasi bursa berjangka yang telah memperoleh persetujuan Kepala Bappebti. 

Syaratnya, bursa berjangka tersebut harus memiliki modal disetor minimal Rp 1,5 triliun dan mempertahankan saldo modal akhir minimal Rp 1,2 triliun. Bursa berjangka juga harus memiliki paling sedikit tiha pegawai bersetifikasi Certified Information Systems Security Professional (CISSP). (FW)

Infografis Orang yang Kaya Dengan Bitcoin www.konten.co.id
Daftar Orang yang Kaya Dengan Bitcoin

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *