Antisipasi Narkoba, Pegawai Lapas Garut Jalani Tes Urine

Antisipasi Narkoba, Pegawai Lapas Garut Jalani Tes Urine

BNN Kabupaten Garut Tes Urine Pegawai Lapas Konten.co.id (Garut) – Mencegah peredaran narkoba, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Garut, Jawa Barat melaksanakan tes urine kepada seluruh pegawai. Kepala Lapas, Ramdani Boy juga ikut menjalani tes urine. “Kami mau bersih-bersih blok hunian dari HP dan narkoba. Sebelum ke mereka (warga binaan), kami dulu harus clear

BNN Kabupaten Garut Tes Urine Pegawai Lapas

Konten.co.id (Garut) – Mencegah peredaran narkoba, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Garut, Jawa Barat melaksanakan tes urine kepada seluruh pegawai. Kepala Lapas, Ramdani Boy juga ikut menjalani tes urine.

“Kami mau bersih-bersih blok hunian dari HP dan narkoba. Sebelum ke mereka (warga binaan), kami dulu harus clear dari narkoba sebelum pembersihan,” ujar Boy di Lapas Kelas II B Garut, Jalan Banyuresmi, Rabu (13/2/2019).

Sebanyak 98 petugas Lapas mengikuti tes urine. Hasil tes menyatakan semua pegawai terbebas dari narkoba. Meski begitu, Boy menyebut langkah antisipasi pencegahan narkoba akan terus dilakukan.

Selain menjalani tes urine yang bekerja sama dengan BNN Kabupaten Garut, pihaknya juga meminta agar BNN melakukan sosialisasi bahaya narkoba.

“Narkoba ini bisa menjamah semua kalangan. Petugas pun harus diberi wawasan. Warga binaan tentu juga kami beri sosialisasi. Apalagi banyak yang pernah terjerumus ke narkoba,” ucapnya.

Dari 800 warga binaan di Lapas Garut, sekitar 60 persen merupakan narapidana kasus narkoba. Pembinaan perlu dilakukan agar narapidana tak terjerumus kembali ke lubang hitam.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), Adi Rustawa, menuturkan selain tes urine pihaknya juga akan kembali bekerja sama. Salah satunya jika ada warga binaan yang menginginkan rehabilitasi.

“Penyuluhan juga akan terus dilakukan. Kerja sama ini sudah sejak lama. Nanti tim rehabilitasi juga akan hadir ke Lapas,” ucap Adi.

Langkah tersebut sebagai bentuk keseriusan BNN Kabupaten Garut dalam memberantas narkoba. Selain itu, jika ada temuan narkoba di Lapas, BNN bisa segera menindak lanjuti. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *