Wow! Martabak Durian Aceh Bikin Air Liur Meleleh

Wow! Martabak Durian Aceh Bikin Air Liur Meleleh

Musim panen durian yang melimpah, menjadi inspirasi bagi M. Rasyid untuk membuka usaha kuliner khas Aceh. Dan lahirlah martabak durian aceh yang kini menyebar di seantero Negeri Garuda.

Martabak Durian Aceng, Camilan Lezat di Saat Rehat

Konten.co.id – (Aceh).- Pernah mencoba martabak durian? Pokonya mantap deh! Teksturnya lembut. Rasanya renyah dan nikmat. Dijamin bisa membuat Anda ketagihan.

Martabak durian sendiri merupakan kudapan khas dari Provinsi Aceh. Produksi buah durian yang melimpah, menjadi inspirasi bagi pengusaha kuliner di Serambi Mekah untuk berinovasi. Salah satunya dengan membuat martabak durian. Ada martabak manis, juga martabak asin.

Adalah almarhum M. Rasyid yang memelopori hidangan lezat yang satu ini pada tahun 1980-an. Karena itu, pemilik merek dagang Martabak Durian Samudera Pasee ini dijuluki sang legenda. Kini usaha tersebut dikelola Amir Hamza, salah seorang anak Sang Legenda.

Sejalan waktu, martabak durian pun menyebar di Negeri Garuda. Di setiap kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Makasar, dan Medan, tidak sulit menemukan penjual martabak durian khas Aceh.

Begitu juga Bandung. Setidaknya ada lima tempat yang menyajikan martabak durian aceh. Di Jalan Ir. H. Juanda, Jalan Dipati Ukur, Jl. Soekarno

Hatta, Jalan Purwakarta, dan Jalan Bengawan (Surapati). Selain nikmat, mengonsumsi martabak durian juga banyak manfaatnya bagi tubuh. Sebab, nutrisi yang terkandung dalam durian sangat lengkap. Di antaranya energi, karbohidrat, protein, lemak, dan kolesterol.

Selain itu, durian juga mengandung serat diet, asam folat, niasin, asam pantotenat, piridoksin, riboflivin, thiamin, vitamin A dan C, natrium, kalium, kalsium, tembaga, besi, fosfor, zinc dan karoten. Kandungan gula dalam durian tergolong tinggi.

Anda penasaran? Coba buat saja sendiri di rumah. (Weti/berbagai sumber)***

Infografis Resep Martabak Durian Aceh www.konten.co.id
Resep Martabak Durian Aceh

Kang Oni
AUTHOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *