fbpx

Wow, Inilah Tuna Raksasa Seharga Rp 44 Miliar

Wow, Inilah Tuna Raksasa Seharga Rp 44 Miliar

Seekor ikan tuna sirip biru seberat 278 kilogram berhasil pecahkan rekor harga lelang termahal di Jepang, Rp 44 miliar.

Dihargai Rp 157,3 Juta Per Kilo, Kimura Menangkan Lelang Tuna Sirip Biru Termahal Rp 44 Miliar

Konten.co.id (Jepang).- Seekor ikan tuna sirip biru dihargai sangat fantatis sekira Rp 44 miliar. Tuna seberat 278 kilogram (610 pon) itu terjual dengan rekor 333,6 juta yen ($ 3,1 juta, € 2,7 juta) dalam lelang pertama pasar Toyosu Baru, Jepang.

Seperti dilansir DW Made for minds hari ini, orang yang berani membeli tuna semahal itu tak lain Kiyoshi Kimura, presiden rantai restoran Sushi Zanmai, pengusaha sushi Jepang yang menyebut dirinya “Raja Tuna.”

Tuna sirip biru dengan berat seperempat ton itu terjual lebih dari dua kali lipat rekor sebelumnya. Pada 2013 Kimura memenangkan lelang penjualan tuna termahal 115 juta yen, di pasar lelang Tsukiji. Kimura membeli tuna paling mahal pada lelang pertama tahun 2012-2017.

Ikan yang ditangkap di lepas pantai pulau utama Jepang, Honshu itu, dihargai 1,2 juta yen atau sekira Rp 157,3 juta per kilogram.

“Aku membeli tuna yang bagus. Harganya lebih tinggi dari yang saya kira, tapi saya berharap pelanggan kami akan memakan tuna yang luar biasa ini,” ujar Kiyoshi Kimura, sebagaimana dikutif DW.

Pasar ikan Toyosu sendiri mulai dibuka pada Oktober lalu setelah pasar Tsukiji yang terkenal tutup setelah 83 tahun beroperasi. Tsukiji merupakan salah satu tempat wisata top Jepang.

Pelelangan pertama tahun ini menarik para pemboros ikan besar yang akan membayar mahal ikan terbesar dan terbaik. Sebagaimana diketahui, warga Jepang adalah konsumen terbesar tuna sirip biru berbentuk torpedo.

Permintaan skala nasional dan internasional tuna sirip biru yang begitu tinggi menyebabkan penangkapan ikan yang berlebihan. Para ahli telah memperingatkan kepunahannya, karena stok sirip biru Pasifik turun 96 persen dari tingkat pra-industri. (NI)

Kang Oni
AUTHOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video