fbpx

Tornado di Kuba, Renggut 4 Korban Jiwa dan 200 Orang Terluka

Tornado di Kuba, Renggut 4 Korban Jiwa dan 200 Orang Terluka

Angin Tornado porakporandakan Havana, Kuba. Peristiwa itu mengakibatkan empat orang meninggal dunia dan 200 orang lainnya mengalami luka.

Tornado Porakporandakan Kuba, Empat Orang Meninggal Dunia 200 Orang Terluka

Konten.co.id (Havana).– Tornado langka menerja kota Havana, Kuba, Minggu malam, (27/1/2019). Peristiwa itu, mengakibatkan 4 orang meninggal dan 200 orang lainnya mengalami luka serius.

Angin tornado itu, merupakan yang terkuat selama 80 tahun terakhir. Jalan dan rumah yang terkena sapuan angin tornado paling parah terjadi di Havana Timur dan Tengah. Di sepanjang kawasan itu, pohon-pohon tumbang, kabel listrik terputus dan puing-puing bangunan rumah berserakan.

Salah seorang warga Havana, Infanta Rodriguez (47) menceritakan saat tornado menerjang rumahnya seperti bola api besar yang tiba-tiba datang menghantam. Suara bising seperti pesawat tiba-tiba menabrak bagian rumah.

“Seluruh negeri ini seperti terbakar. Merah-merah sesuatu yang merah dan suara bising begitu saja datang menghampiri. Lalu memporak-porandakan semuanya,” kata dia dilansir dari reuteur.com.

Angin tornado ini merupakan yang terkuat selama 80 tahun ke belakang. Tornado itu menyapu jalanan dan memporakporandakan rumah-rumah di Havana.

Ia mengatakan, saat angin tornado menghempas tubuhnya ia hanya bisa memeluk anaknya. Kemudian suaminya berusaha melindunginya dan anaknya meski reruntuhan bangunan berjatuhan ke tubuhnya.

Ahli meteorologi Kuba, Jose Rubiera mengatakan, angin tornado ini terkuat sejak 80 tahun ke belakang. Angin itu berhembus 7,15 mil (11,5 km) di sepanjang havana selama 16 menit. Namun terkadang hembusan itu berubah menjadi 0,62 mil (1km).

“Awalnya hanya tiga korban jiwa. Namun ada laporan satu orang lagi meninggal. Jadi total korban jiwa menjadi 4 orang,” kata dia.

Presiden Kuba, Miguel Diaz-Canel, melalui akun twitternya menuliskan rasa duka atas meninggalnya empat orang warga dan 200 warganya lainnya mengalami luka-luka. Diaz menandaskan, warga yang mengalami luka-luka saat ini sudah mendapatkan perawatan medis.

Presiden memastikan satu tim tanggap darurat telah dikerahkan untuk mengembalikan daya di sejumlah daerah. Bahkan bantuan logistik sudah mulai dikirimkan ke lokasi bencana. (MHI)***

Ahmad
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video