Tiga Trik Atur Waktu di Tahun 2019

Tiga Trik Atur Waktu di Tahun 2019

Sering kesulitan mengatur waktu menjadi permasalahan setiap orang. Sejumlah cara pengaturan waktu ini bisa jadi solusi untuk perbaiki diri pada 2019.

Tiga Cara Manajemen Waktu di 2019

Konten.co.id,- Menurut jajak pendapat Gallup, 41 persen orang dewasa di Amerika Serikat mengatakan mereka tidak punya cukup waktu untuk melakukan semua yang diinginkan. Akibatnya, hampir 80 persen merasa stres sepanjang hari.

Untuk memastikan Anda mendapatkan hal-hal yang penting, pakar produktivitas Laura Vanderkam, Chris Bailey dan Julie Morgenstern menyebut harus ada rencana untuk menyelesaikan hal-hal terpenting terlebih dahulu dari setiap aktivitas per harinya.

Dilansir dari CNBC.com, tiga kebiasaan sederhana ini akan membantu Anda menjadi lebih produktif tahun ini.

1. Lacak Aktivitas Harian Anda Menurut Vanderkam

Satu cara mudah untuk mengatur waktu Anda dengan lebih baik adalah dengan melacak aktivitas Anda setiap hari. Vanderkam menghabiskan tiga tahun untuk melacak apa yang dia lakukan setiap hari untuk melihat aktivitas yang paling banyak menghabiskan waktu.

“Pertama, orang-orang yang merasa memiliki cukup waktu sangat memperhatikan waktu mereka,” tulisnya dalam buku, ‘Off the Clock: Feel Less Busy While Getting More Done’.” “Mereka mengambil kepemilikan atas hidup mereka dan memikirkan hari-hari dan minggu-minggu sebelumnya. Mereka juga merenungkan hidup mereka, mencari tahu apa yang berhasil dan apa yang tidak.”

Melacak jadwal Anda selama tiga tahun mungkin tampak seperti usaha yang mustahil, tetapi Vanderkam mengatakan Anda dapat memulai pada skala yang jauh lebih kecil dengan membuat spreadsheet mingguan yang dibagi menjadi blok waktu setengah jam dan satu jam.

Lakukan aktivitas seperti bekerja, tidur, mengemudi, memasak makan malam, atau menghabiskan waktu bersama anak-anak Anda di spreadsheet kira-kira tiga kali sehari.

2. Kurangi Aktivitas Dengan Telepon Genggam

Hasil penelitian Profesor Psikologi dan penulis Larry Rosen, rata-rata orang memeriksa ponsel mereka setiap 15 menit atau kurang. Akibatnya, kata Bailey, Anda bisa membutuhkan waktu hingga 50 persen lebih lama untuk menyelesaikan tugas awal dari pada jika Anda tidak pernah terganggu. Itulah sebabnya Bailey mengatakan mengubah pengaturan ponsel Anda ke mode skala abu-abu dapat berdampak besar pada produktivitas Anda.

Dalam skala abu-abu, semua yang ada di layar Anda muncul dalam warna hitam dan putih, membuat aplikasi dan media sosial kurang menarik untuk dilihat, menurut Bailey.

3. Jangan Menjadikan Email Sebagai Prioritas Utama Anda

Memeriksa email di pagi hari bisa jadi aktivitas pertama dan menjadi kebiasaan sehari-hari bagi banyak orang. Tetapi Morgenstern mengatakan menghentikan hari Anda dengan cara ini dapat berdampak negatif pada cara Anda menangani sisa daftar tugas Anda.

Alih-alih menjadikan email sebagai prioritas utama Anda, ia mengatakan Anda harus menghabiskan satu jam pertama hari menyelesaikan tugas apa pun yang paling membutuhkan tenaga otak. Tanyakan kepada diri Anda sendiri setiap pagi, “Jika saya dapat menyelesaikan satu hal yang dapat membuat saya paling berhasil dan aman dalam pekerjaan saya, apa yang akan terjadi?”

Morgenstern mengatakan Anda bahkan dapat memutuskan tugas apa yang harus dilakukan malam sebelumnya. Dengan begitu, Anda memulai hari Anda dengan kontrol penuh atas apa yang perlu dilakukan.

“Anda mencoba untuk memiliki serangkaian pekerjaan yang kaya dan beragam yang dilakukan dalam satu hari, daripada hanya bereaksi,” jelasnya. “Dan ketika Anda memeriksa email Anda, Anda hanya bereaksi.” (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *