Tertib Lalin, Warga Pasirmuncang Tegur Jika Tak Pakai Helm

Tertib Lalin, Warga Pasirmuncang Tegur Jika Tak Pakai Helm

Tertib lalu lintas menjadikan kampung ini proyek percontohan kampung tertib lalu lintas. Warga akan menegur jika tak memakai helm.

Polres Garut Bina Kampung Pasirmuncang

Konten.co.id (Garut).- Warga Kampung Pasirmuncang, RW 7, Desa Haurpanggung, Kecamatan Tarogong Kidul, Garut, Jawa Barat akan ditegur jika tak menggunakan helm saat berkendara. Kepatuhan warga itu menjadikan Pasirmuncang sebagai kampung tertib lalu lintas.

Ketua RW 7, Udin Mauludin, menyebut keselamatan berlalu lintas menjadi hal yang penting. Apalagi banyak kecelakaan yang terjadi karena kurangnya kesadaran saat berkendara.

“Di sini, jika ada yang tak memakai helm saat menggunakan motor akan ditegur. Pengurus RW dan warga akan saling mengingatkan,” kata Udin setelah peresmian kampung tertib lalu lintas, Rabu (16/1/2019).

Di kampungnya ada 250 kepala keluarga atau 1002 jiwa. Dengan saling mengingatkan, kesadaran warga akan meningkat.

Selain helm, surat-surat kendaraan juga harus lengkap. Teguran keras akan diberikan kepada warga yang tak tertib lalu lintas.

Sebelum menjadi kampung tertib lalu lintas, Udin menyebut kesadaran warga sudah cukup tinggi.

“Apalagi setelah dijadikan proyek percontohan, tentu menjadi beban agar warga semakin sadar berlalu lintas,” ucapnya.

Satlantas Polres Garut, terus memberi pembinaan kepada masyarakat. Dengan bantuan dari berbagai pihak, akan membuat warga Pasirmuncang lebih memahami keselamatan berlalu lintas.

Selain mendatangkan aparat kepolisian, pemahaman berkendara juga sering disematkan saat pengajian. Terutama kepada ibu-ibu yang sering membawa kendaraan.

Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna, menuturkan pemilihan Pasirmuncang menjadi kampung tertib lalu lintas setelah dipantau selama lima bulan. Ia mengaku sering melihat warga di Pasirmuncang taat berkendara.

“Saya monitor warga di sini kalau keluar kampung selalu pakai helm. Tidak sebentar saya monitornya sebelum memuturkan dijadikan kampung tertib lalu lintas,” ujar Budi.

Kedisiplinan berlalu lintas di kampung tersebut, diakui Budi cukup tinggi. Selain di Pasirmuncang, pihaknya akan mengadakan kampung serupa di wilayah lain. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Satire

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Berita Video

Berita pilihan