fbpx

Teleskop TESS NASA Tangkap Temuan Baru

NASA kembali mengumumkan penemuan baru terkait alam semesta. Teleskop yang baru diluncurkan lima bulan oleh NASA menangkap temuan planet baru.

Planet Baru Berhasil Ditemukan Teleskop NASA

Konten.co.id,- Teleskop pemburu planet yang baru dari NASA, TESS, telah menemukan sebuah planet ekstrasurya. Ukurannya tiga kali lebih besar dari Bumi dan berjarak 53 tahun cahaya.

Teleskop itu juga telah menemukan sebuah super-Bumi dan dunia berbatu. Hasil itu menjadi tiga penemuan planet ekstrasurya dalam tiga bulan sejak pertama mulai mengamati langit pada bulan Juli.

Planet ekstrasurya yang berdekatan dan diberi kode HD 21749b, mengorbit bintang tetangga yang terang di rasi bintang Reticulum. Dengan orbit 36 ​​hari dan suhu permukaan 300 derajat Fahrenheit.

Penemuan itu diumumkan pada Senin (7/1/2019) dalam pertemuan 233 American Astronomical Society di Seattle, seperti dikutip CNN.com.

“Ini adalah planet kecil paling keren yang kita kenal di sekitar bintang seterang ini,” kata Diana Dragomir, seorang peneliti pascadoktoral di Institut Teknologi Massachusetts untuk Kavli Institute for Astrophysics and Space Research.

“Kami belum dapat belajar banyak tentang planet yang lebih kecil dan lebih dingin ini. Tapi di sini, kami beruntung dan menangkap fenomena ini dan sekarang bisa mempelajarinya lebih lanjut. “

Ukurannya, tiga kali lipat dari Bumi, membuatnya menjadi sub-Neptunus. Tetapi terlepas dari ukuran planet ekstrasurya, ia memiliki 23 kali massa Bumi.

Kemungkinan besar planet itu dipenuhi lebih banyak gas, daripada berbatu seperti Bumi. Tetapi gas yang membuatnya mungkin lebih padat daripada Uranus atau Neptunus.

“Kami pikir gas di planet ini tidak seperti Neptunus atau Uranus yang sebagian besar diisi hidrogen,” kata Dragomir.

“Planet ini kemungkinan memiliki kepadatan air atau atmosfer yang tebal.”

Ada juga bukti bahwa planet kedua bisa ada dalam sistem ini dengan orbit 7,8 hari. Bisa menjadi planet seukuran Bumi pertama yang ditemukan oleh TESS.

Satelit Survei Transit Exoplanet diluncurkan pada bulan April untuk mengambil tongkat pemburu planet dari teleskop ruang angkasa Kepler saat misi bersejarah itu berakhir.

Dua planet lain yang ditemukan adalah Pi Mensae c, sebuah super-Bumi yang berada di sekitar bintangnya dalam waktu 6,3 hari dan LHS 3844b sebuah planet berbatu yang terbang di sekitar planetnya dalam orbit 11 jam.

Pi Mensae c berukuran dua kali dari Bumi dan mengorbit bintang Pi Mensae. Jaraknya 60 tahun cahaya di konstelasi Mensa. Bintang ini sangat mirip dengan matahari di bumi, baik dalam massa maupun ukuran.

“Bintang ini sudah diketahui menjadi tuan rumah sebuah planet, yang disebut Pi Mensae b, yang sekitar 10 kali massa Jupiter dan mengikuti orbit yang panjang dan sangat eksentrik,” kata Chelsea Huang, seorang Juan Carlos Torres Fellow di MIT Kavli Institute.

“Sebaliknya, planet baru, yang disebut Pi Mensae c, memiliki orbit melingkar dekat dengan bintang, dan perbedaan orbital ini akan membuktikan kunci untuk memahami bagaimana sistem yang tidak biasa ini terbentuk.”

“Kami telah mengonfirmasi tiga planet sejauh ini,” kata Dragomir.

“Jadi, ini berjalan dengan sangat baik, dan TESS sudah membantu kita untuk belajar tentang keanekaragaman planet kecil ini.”

Selama survei awal ini, TESS juga menyaksikan enam ledakan supernova, yang direkam sebelum teleskop darat melihat mereka. (FW)