Siswa SMA Jeneponto Bertahan di Atap Sekolah

Siswa SMA Jeneponto Bertahan di Atap Sekolah

Hujan deras menyebabkan sejumlah daerah di Sulawesi Selatan terendam banjir. Air bahkan menghanyutkan rumah-rumah di Jeneponto.

Enam Kabupaten di Sulsel Diterjang Banjir

Konten.co.id (Sulsel) – Banjir merendam puluhan rumah di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan, Selasa (22/1/2019). Ketinggian air bahkan sampai merendam atap rumah warga.

Puluhan rumah di bantaran sungai Dusun Munte, Desa Bonto Mate’ne Kecamatan Turatea, Jeneponto hanyut terbawa arus banjir bandang. Arus sungai yang deras mengakibatkan sebuah jembatan di Jeneponto terputus.

Jembatan Munte yang terputus itu berlokasi di Dusun Uma, Desa Bontomate’ne, Kecamatan Turatea. Air sungai meluap akibat hujan deras sejak Senin (21/1/2019) hingga Selasa sore. Jembatan Munte tersebut menghubungkan Desa Mangepong dan Desa Bontomate’ne.

Agus Salim, salah seorang warga mengatakan puluhan rumah yang hanyut itu karena derasnya air saat banjir terjadi. Jembatan sepanjang 70 meter juga tak kuat menahan debit air.

“Jembatan sepanjang 70 meter juga putus,” katanya.

Di Dusun Pokobulo, Desa Bangkalaloe, Kecamatan Bontoramba. Banjir menyebabkan akses ke Desa Bangkalaloe terputus.

Banjir menyebabkan SMAN 1 Jeneponto terendam air hingga nyaris setinggi atap. Akibatnya, siswa dan guru terjebak di lantai dua sekolah. Siswa dan guru terjebak hingga malam hari.

Mereka memilih bertahan karena banjir tak kunjung surut. Para siswa pun menangis karena harus bertahan di sekolah yang terendam banjir setinggi 2 meter.

Sedikitnya 11 wilayah kecamatan di Jeneponto terendam banjir. Kapolres Jeneponto, AKBP Hery Susanto menyebutkan, ketinggian air di 11 wilayah kecamatan bervariasi. Bahkan sampai ada yang menenggelamkan rumah warga.

“Bervariasi, ada yang hanya sampai lutut. Ada juga yang menenggelamkan rumah warga,” ujar Hery.

Selain di Jeneponto, banjir juga merendam Kota Makassar dan Kabupaten Maros. Akses kendaraan dari Maros pada Rabu dini hari lumpuh total. Pasalnya banjir di Maros belum surut. Kabupaten Gowa, Takalar, Pangkep, dan Barru juga ikut terendam banjir.

Hingga Rabu pagi, banjir juga masih merendam sejumlah kawasan di Makassar. Salah satunya di Jalan Bung Makassar. Dari sejumlah foto di media sosial, banjir sudah hampir menutupi pintu rumah warga. Sejumlah warga pun sudah dievakuasi. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *