fbpx

Robot Geser Posisi Pelayan di Amerika

Robot Geser Posisi Pelayan di Amerika

Tenaga robot kini mulai membantu segala lini kebutuhan manusia. Salah satunya menjadi pelayan toko supermarket di Amerika.

Supermarket di Amerika Pekerjakan Robot Pelayan

Konten.co.id (Amerika Serikat).- Supermarket di Amerika Serikat memanfaatkan robot untuk membantu pekerjaan manusia. Robot yang diberi nama Marty itu, akan ditempatkan di 172 gerai supermarket Giant Food.

Robot berwarna abu-abu itu bertugas untuk membesihkan makanan yang tumpah. Robot-robot itu bergerak di sekitar toko tanpa bantuan. Mereka memindai lantai untuk mengetahui tumpahan dan bahaya di area toko.

Potensi bahaya itu lalu dilaporkan kepada pekerja manusia. Setelah tumpahan ditemukan, mesin yang mengeluarkan bunyi ‘bip’ saat bergerak, melaporkannya dengan berkomunikasi secara verbal kepada karyawan manusia.

Dilansir dari Washingtonpost.com, sebelum menempatkan robot di gerai, Giant Food sudah melakukan program percontohan di beberapa outlet di Pennsylvania pada musim gugur.

Pada Senin (14/1/2019), Giant Food mengumumkan akan menempatkan Marty di 172 gerai supermarket di Pennsylvania, Maryland, Virginia, dan Virginia Barat.

Peluncuran robot merupakan bagian dari rencana perusahaan induk Giant, Ahold Delhaize USA, untuk menyebarkan sekitar 500 robot ke toko-toko seperti Giant, Martin’s and Stop & Shop. Robot akan mulai tiba beberapa bulan mendatang.

Giant mengharapkan robot-robot itu bisa beroperasi dalam waktu enam bulan lagi.

“Membawa robot dari laboratorium penelitian hingga sampai ke toko kami merupakan perjalanan yang sangat mengasyikkan, dan kami sangat senang dengan respon pelanggan di toko percontohan kami,” kata Nicholas Bertram, presiden Giant Food Stores.

Marty juga mempunyai tugas untuk memindai rak barang yang kehabisan stok. Robot itu juga melakukan pemeriksaan harga, mencari perbedaan antara rak dan sistem pemindaian toko.

Robot penjaga toko itu dilengkapi dengan pemindai untuk menghindari tabrakan. Ditenagai oleh baterai lithium yang dapat diisi ulang dan memiliki banyak kamera.

Giant mengatakan upaya robot membebaskan karyawan untuk menghabiskan lebih banyak waktu melayani pelanggan. Selain itu bisa membantu mengurangi risiko yang disebabkan oleh makanan tumpah.

“Dia melakukan pekerjaan asisten. Marty tidak menggantikan pekerjaan manusia. Respon pelanggan sebagian besar positif,” ujar Manajer optimasi toko Ahold, Patrick Maturo.

Maturo mengatakan orang sering berjalan di belakang robot. Sebagian besar konsumen sangat senang melihat robot di toko.

“Mereka sering mengambil gambar, video dan berselfie dengan robot,” tambahnya.

Giant bukan satu-satunya supermarket yang memiliki pekerja robot untuk mengawasi toko. Pada bulan Desember 2018, Walmart mengumumkan rencana untuk menempatkan 360 robot otonom di dalam toko di seluruh negeri pada akhir Januari. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video