fbpx

Resep Jitu Kaki Pegal Dengan Rendam Air Garam

Resep Jitu Kaki Pegal Dengan Rendam Air Garam

Kaki terkadang sering merasa pegal karena beraktivitas seharian. Cara ini bisa menjadi solusi mengatasi kaki yang pegal.

Manfaat Air Garam Untuk Refleksi Kaki

Konten.co.id.- Ketika kaki merasa pegal karena banyak melakukan aktivitas, tentu perlu mendapat perawatan. Selain membuat tenaga pulih, tubuh akan lebih siap untuk menjalani rutinitas.

Orang zaman dulu sering menyarankan untuk merendam kaki di air garam. Tujuannya agar otot-otot kaki bisa kembali pulih. Resep jitu tersebut nyatanya sudah bisa dibuktikan secara medis.

Merendam kaki dengan air hangat dikenal dengan istilah hidroterapi. Terdapat tiga jenis hidroterapi, yaitu dengan mandi, mengompres dan merendam kaki dengan air hangat.

Teknik ini ternyata sudah dikenal sejak zaman Yunani. Namun, akhir-akhir ini larutan garam kerap digabungkan dalam hidroterapi menggunakan air hangat.

Berikut sejumlah manfaat merendam kaki dengan air garam yang Konten.co.id rangkum dari Hellosehat.com.

Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Garam Hangat

Ternyata adanya kandungan garam pada air bisa menjadi antiseptik yang membantu meredakan infeksi pada kaki. Tak hanya itu, mereka yang mengalami eksim (kondisi kulit yang disebabkan oleh peradangan pada kulit) dapat membantu proses penyembuhan.

Air hangat dapat meningkatkan respon sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh. Perawatan sederhana ini juga dapat meningkatkan kerja fagosit dalam tubuh untuk menghancurkan kotoran dan melakukan detoksifikasi (pembuangan racun dan zat sisa) pada darah.

Tak hanya dapat menjadi antiseptik, merendam kaki dengan air hangat ternyata juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Ferayanti dan rekan-rekannya, mereka yang sebelumnya sudah diukur tekanan darahnya, setelah kakinya direndam dalam air hangat bersama dengan teknik relaksasi napas, akan didapatkan penurunan tekanan darah. Hal ini disebabkan karena air hangat akan menciptakan efek pelebaran dan memperlancar pembuluh darah.

Mengatasi Insomnia

Terapi merendam kaki dengan air garam ternyata sangat efektif dilakukan pada mereka yang lelah seusai pulang bekerja dan sering mengalami kesulitan tidur hingga insomnia. Terapi ini dapat membantu merelaksasikan otot-otot, membantu menciptakan rasa nyaman dan menghilangkan ketegangan tubuh.

Merendam kaki dengan air garam akan membuat aliran peredaran darah pada kaki menjadi terbuka dan lancar. Aliran yang lancar ini akan membantu menciptakan rasa nyaman pada kaki dan menghilangkan pegal-pegal pada kaki. Terlebih bila selesai beraktivitas seharian.

Risiko Merendam Kaki Dengan Air Garam

Merendam kaki terlalu lama dalam air garam dan ternyata air yang digunakan tidak bersih, perawatan tersebut malah akan menyebabkan munculnya dermatosis atau masalah kulit pada kaki. Gejala dermatosis bermacam-macam, mulai dari nyeri pada kulit, kulit menjadi kemerahan, perih, hingga tubuh yang mengalami demam.

Bila sudah mengalami gejala-gejala seperti ini, harus berhati-hati dan memastikan bahwa air yang digunakan bersih dan tidak terkontaminasi bakteri atau kotoran lain. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video