Rel Terpasang, Bangunan di Jalur Cibatu-Garut Dibongkar

Rel Terpasang, Bangunan di Jalur Cibatu-Garut Dibongkar

Keseriusan membangun jalur kereta Cibatu-Garut mulai diperlihatkan PT KAI. Salah satunya dengan pemasangan rel sepanjang 50 meter.

Jokowi Akan Tinjau Progres Jalur Kereta Cibatu-Garut

Konten.co.id (Garut).- Sejumlah bangunan di Kecamatan Cibatu mulai dibongkar untuk proyek reaktivasi jalur kereta Cibatu-Garut. Rel sepanjang 50 meter pun telah terpasang di dekat pintu perlintas Jalan Cibatu.

Keseriusan pembangunan rel sudah ditunjukkan PT KAI. Sejak akhir November 2018, PT KAI sudah memberikan uang bongkar ke warga terdampak.

Dede (38), warga Kampung Cibodas, Desa Keresek, Kecamatan Cibatu sejak awal Januari sudah mulai membongkar rumahnya. Ia mengaku sudah menerima uang bongkar sebesar Rp 43 juta.

“Rugi sih soalnya saya bangun rumah saja sampai Rp 200 juta. Tapi mau gimana lagi,” ujar Dede, Kamis (17/1/2019).

Bangunan rumahnya seluas 170 meter itu kini hanya menyisakan puing-puing. Ia pun untuk sementara menetap di rumah orang tua.

Saya sadar ini bukan tanah saya. Jadi terima saja kalau disuruh pindah. Dede, warga Cibatu

“Pembongkaran rumah dibantu sama PT KAI. Jadi bahan bangunan yang bisa dipakai saya bawa lagi,” ucapnya.

Jumat (18/1/2019), Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan meninjau progres reaktivasi jalur kereta Cibatu-Garut. Dede berharap Jokowi mau menemui warga terdampak.

“Pak Presiden biar tahu keluhan warga. Kami memang sudah terima, tapi minimal pak Presiden bisa tambah uang kerahimannya,” katanya.

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Joni Martinus, menyebut telah memberi uang bongkar kepada warga yang menempati 230 bangunan. Sedangkan total bangunan yang terdampak sebanyak 1.077.

“Secepatnya kami bayar jika data-data sudah lengkap.” ucap Joni saat dihubungi.

Target pembebasan lahan akan dilakukan secepatnya. Pembangunan jalur pun akan segera dilakukan setelah pembebasan lahan.

“Kami beri waktu warga satu bulan untuk membongkar rumahnya setelah menerima uang bongkar,” ujarnya. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *