Printer 3 Dimensi, Teleportasi Yang Nyata

Printer 3 Dimensi, Teleportasi Yang Nyata

Membuat barang dengan mencetaknya di mesin printer bisa jadi hal yang mustahil, Dengan berkembangnya terknologi, kemustahilan itu kini menjadi kenyataan.

Teknologi Teleportasi Kini Jadi Kenyataan Berkat Adanya Printer 3D

Konten.co.id,- Teknelogi 3 Dimensi (3D) kini semakin membantu manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Mulai dari membuat rumah hingga makanan.

Dahulu, membuat sebuah mobil dengan dicetak oleh printer mungkin sesuatu yang mustahil. Namun seiring perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi 3D menjadi hal yang nyata.

Teknologi 3D seperti sebuah teleportasi dalam cerita fiksi di film-film. Satu benda bisa dipindahkan dari satu titik ke titik lainnya dengan sangat cepat.

Berikut Konten.co.id rangkum sejumlah produk yang diciptakan dengan teknologi 3D.

Membuat Senjata

Printer 3 Dimensi Senjata, Teleportasi Yang Nyata www.konten.co.id
Pembuaan senjata plastik hasil dari Printer 3 Dimensi.

Cody Wilson, seorang mahasiswa hukum asal Texas, Amerika serikat berhasil membuat senjata plastik dengan menggunakan printer 3D.

Dilansir dari BBC.com, ia memamerkan cetak biru pistol tiga dimensi yang pertama di dunia.

Dalam dokumen miliknya, Wilson menunjukkan cara pembuatan pistol tiga dimensi yang cetak birunya tersedia di situs Defense Distributed dan sudah diunduh ratusan ribu kali.

Selain Wilson, seorang warga Jepang bernama Yoshitomo Imura juga berhasil membuat senjata dengan printer 3D. Seperti Wilson, Imura bisa mencetak senjata setelah mendapatkan file cara pembuatan senjata dari internet.

Mencetak Makanan

Printer 3 Dimensi Makanan, Teleportasi Yang Nyata www.konten.co.id
Makananpun sekarang bisa dibua oleh Printer 3D.

Pada 2016 sebuah perusahaan bernama Natural Machines menciptakan mesin cetak 3D yang diberi nama Foodini.

Dikutip Tempo.co dari Dailymail.co.uk, Foodini menyediakan aplikasi untuk memasak dan menyediakan makanan dengan cara dicetak. Makanan hasil pencetakan pun bisa dimakan manusia.

Cara kerjanya mirip dengan mencetak benda-benda dengan teknologi 3D. Mesin pencetak mampu mencetak ratusan jenis makanan.

Tinggal klik print dengan mouse, mesin cetak akan bekerja sesuai jenis makanan yang diminta untuk dicetak dan dihadirkan untuk dimakan.

Printer berbentuk kapsul berisi bahan makanan dasar. Butuh waktu sekitar 15 menit untuk mencetak makanan sesuai disain yang terdapat di perangkat lunak komputer sesuai permintaan konsumen.

Setelah itu, makanan hasil cetak keluar, lalu makanan siap dimasak dengan menggunakan alat masak seperti oven.

Membangun Rumah

Printer 3 Dimensi Rumah, Teleportasi Yang Nyata www.konten.co.id
Pembangunan sebuah rumah dengan skala besar kini mampu dilakukan oleh Printer 3 Dimensi.

Sebuah perusahaan di Cina menggunakan printer 3D raksasa untuk membangun 10 rumah dalam sehari.

Kesepuluh rumah itu berbentuk rumah terpisah yang terdiri dari satu lantai.

Dilansir dari BBC.com, perusahaan bernama WinSun memakai printer berukuran 10×6,6 meter untuk menyemprotkan campuran semen dan limbah bangunan untuk membangun dinding, lapis demi lapis, demikian dilaporkan kantor berita Xinhua.

Bahan bangunan murah dipakai saat proses pencetakan dan kurangnya pemakaian tenaga kerja kasar berarti setiap rumah bisa dicetak dengan biaya USD5.000 atau sekitar Rp57,8 juta.

Membuat Mobil

Printer 3 Dimensi Mobil, Teleportasi Yang Nyata www.konten.co.id
Anda bisa memesan berbagai model mobil untuk bisa diprint di rumah anda sendiri.

Selain bisa digunakan untuk membuat makanan, senjata, hingga rumah, printer 3D kini juga dikembangkan untuk menciptakan mobil.

Perusahaan pencetakan 3D di Cina, Polymaker dan X Electrical Vehicle Limited (XEV) baru-baru ini meluncurkan mobil listrik (electric vehicle) bernama LSEV. Uniknya, mobil ini dicetak menggunakan printer 3D yang dibanderol USD 10.000 atau sekitar Rp 137 juta.

CEO Polymaker, Xiaofan Luo mengakui ada perusahaan lain yang menggunakan pencetakan 3D untuk produksi. Namun, dia mengklaim tidak ada produk yang dapat dibandingkan dengan LSEV dalam hal ukuran, skala dan intensitas, seperti dilansir Inews.id.

Selain di cina, para mahasiswa Indonesia juga telah membuat sebuah mobil dengan printer 3D. Mobil terbang itu dicetak dengan printer 3D standar industri di Sekolah Teknik MDIS (MDIS School of Engineering).

Mobil terbang tersebut merupakan model pertama yang dirakit kontingen MDIS. Mobil terbang tersebut juga menjadi simbol ‘masa depan pendidikan’, yang menunjukkan inovasi di bidang teknologi (3D printing) dan terhadap beberapa ilmu baru yang mulai bermunculan. (FW)

Teknologi Teleportasi Kini Jadi Kenyataan Berkat Adanya Printer 3D www.konten.co.id
Menuangkan sebuah ide menjadi kenyataan berkat teknologi.

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *