Pekerja Asing di Jepang Berlipat Ganda

Pekerja Asing di Jepang Berlipat Ganda

Tak hanya di Indonesia, pekerja asing asal Cina juga memburu Jepang sebagai tempat bekerja.

Warga Cina Serbu Jepang untuk Bekerja

Konten.co.id (Jepang) – Seperti Indonesia, Jepang juga membuka keran pekerja asing. Dalam lima tahun terakhir, pekerja asing di Jepang mencapai 1,46 juta.

Jumlah itu naik dua kali lipat selama lima tahun terakhir. Pemerintah Jepang pada Jumat (25/1/2019) mengeluarkan data terkait pekerja asing. Negara itu memang bergulat dengan kekurangan tenaga kerja.

Pada Oktober 2018 terjadi peningkatan 14 persen dari tahun sebelumnya. Cina menduduki puncak daftar dengan hampir 390.000 pekerja di Jepang pada Oktober. Terhitung 27 persen dari karyawan asing di Jepang.

Dilansir dari asia.nikkei.com, Vietnam berada di peringkat kedua, dengan jumlah 310.000 atau sebanyak 22 persen dari pekerja asing. Sedangkan Filipina berada di peringkat ketiga sebanyak 160.000 pekerja, atau 11persen.

Pekerja asing asal Vietnam naik paling besar dalam hal persentase. Dengan peningkatan 32 persen dari tahun lalu. Para pekerja tersebut bekerja di bidang manufaktur atau sebanyak 30 persen.

Meskipun jumlah pekerja asing meningkat pesat, keberadaan mereka masih terbilang kecil dari total tenaga kerja Jepang sekitar dua persen.

Kekurangan tenaga kerja yang serius di Jepang telah membuat pemerintah bergegas. Undang-undang pekerja asing yang berlaku pada bulan April memungkinkan Jepang secara resmi menerima pekerja kerah biru dari luar negeri.

Pemerintah juga memberi mereka jalur menuju tempat tinggal permanen. Kemungkinan akan mendorong lebih banyak lagi orang asing untuk memilih Jepang sebagai tujuan pekerjaan.

Diperkirakan sebanak 340.000 pekerja asing dapat memasuki Jepang dalam lima tahun setelah undang-undang tersebut berlaku.

Meskipun undang-undang akan mengizinkan tambahan pekerja asing di bidang pertanian, keperawatan dan 12 sektor lainnya, masalah-masalah seperti memastikan kondisi kerja yang memadai bagi para karyawan ini belum diselesaikan. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *