Nurpani Derita Gizi Buruk

Nurpani Derita Gizi Buruk

Kasus gizi buruk masih banyak ditemukan di Indonesia. Faktor ekonomi dan kurangnya pemahaman orang tua, membuat anak-anak tak mendapat asupan makanan sehat.

Balita Asal Lombok Timur Alami Gizi Buruk

Konten.co.id (Lombok) – Nurpani (3), warga Dusun Dasan Tembeng, Desa Lenek Lauk, Kecamatan Lenek, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat menderita gizi buruk. Bocah perempuan itu harus menjalani perawatan di RSUD dr Raden Soedjono Selong, Lombok timur.

Dibanding anak seusianya, berat badan Nurpani jauh dari ideal. Akibat penyakit yang dideritanya, kesehatannya semakin memburuk.

Amaq Hauriah, salah seorang keluarga Nurpani menyebut keponakannya itu sempat menjalani perawatan di Puskesmas. Namun pihak Puskesmas akhirnya merujuk Nurpani ke rumah sakit.

“Biar dapat perawatan yang lebih intensif. Sekarang juga masih dirawat di sana,” ujar Amaq, Rabu (30/1/2019) seperti dikutip dari Radar Lombok.

Kondisi ekonomi keluarga Nurpani membuat dirinya tak mendapat asupan gizi yang memadai. 

Menurunnya berat badan Nurpani sudah terjadi sejak lama. Apalagi Nurpani diasuh oleh neneknya karena ditinggalkan kedua orang tuanya merantau ke Malaysia.

“Nurpani ini lahir di Malaysia. Lalu dibawa pulang oleh ibunya. Saat ibunya kembali ke Malaysia, Nurpani diasuh sama neneknya,” ucapnya.

Penanganan cepat sudah dilakaukan pemerintah setempat. Terlebih dengan keterbatasan ekonomi keluarga Nurpani. Semua biaya pengobatan, tambah Amaq telah ditanggung oleh pemerintah.

“Kalau harus bayar sendiri tidak mampu. Beruntung ada bantuan dari pemerintah daerah,” katanya.

Sekertaris Dinas Kesehatan Lombok Timur, Ahmad Masfu, menyebut langsung bertindak cepat setelah mendapat laporan adanya kasus gizi buruk. 

“Berkaitan ini kita tetap koordinasi. Pemerintah daerah tentu tidak akan lepas tangan ketika ada persoalan seperti itu. Terutama kita di Dinkes,” ujar Ahmad.

Kasus gizi buruk di Lombok Timur terbilang masih cukup tinggi. Di tahun 2019, tak hanya kasus Nurpani yang ditangani Dinkes Lombok Timur. Masih ada beberapa kasus penderita gizi buruk yang sudah ditangani. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *