Naik Takhta, Raja Baru Malaysia Jabat Hingga 2024

Naik Takhta, Raja Baru Malaysia Jabat Hingga 2024

Setelah pengunduran diri Raja Sultan Muhammad V, Malaysia kini telah memiliki raja baru

RaJa Malaysia Anggota Dewan FIFA

Konten.co.id (Malaysia) – Malaysia telah menobatkan raja baru setelah raja sebelumnya, Sultan Muhammad V, mengundurkan diri usai menikahi Miss Moskow 2015. Pengunduran diri raja tersebut baru pertama terjadi di Malaysia.

Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah (59), naik tahta sebagai raja ke 16. Ia dikenal sebagai Yang di Pertuan Agung. Sultan Abdullah diambil sumpah menjadi seorang raja dan menandatangani instrumen kantor.

Hal itu dilakukan sebelum melaksanakan Konferensi Penguasa Malaysia yang terdiri dari sembilan pemimpin negara Melayu. Upacara tersebut diadakan di ruang singgasana bertema emas istana nasional. Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad dan kabinet hadir dalam pakaian resmi lengkap.

Penguasa negara di negara itu memilih raja di antara mereka sendiri melalui monarki rotasi. Dengan masing-masing jangka waktu selama lima tahun untuk berkuasa. 

Sultan Abdullah terpilih sebagai raja minggu lalu dalam pertemuan khusus para penguasa di mana semua kecuali raja sebelumnya hadir. 

Sebelumnya ia diangkat sebagai penguasa negara bagian Pahang pada 15 Januari. Sultan Abdullah adalah Sultan Pahang. Sebagai Raja Malaysia, masa jabatannya berlangsung hingga 2024.

Raja Malaysia juga tercatat sebagai anggota Konsul FIFA dan Komite Eksekutif AFC.

Mahathir telah menyerukan pemilihan raja baru untuk dipercepat. Pasalnya ia memerlukan konsultasi dengan raja untuk menangani permasalahan di Malaysia.

Posisi raja sebagian besar bersifat seremonial. Sultan Abdullah memegang kekuasaan diskresi khusus, termasuk bersumpah pada narapidana utama dan mengampuni narapidana. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *