Minimalkan Peredaran, Polres Garut Musnahkan Miras Oplosan

Minimalkan Peredaran, Polres Garut Musnahkan Miras Oplosan

Ribuan botol miras hasil sitaan di akhir 2018 dimusnahkan Polres Garut. Genderang perang terhadap peredaran miras terus ditabuh kepolisian.

Ribuan Botol Miras Dimusnahkan Polres Garut

Konten.co.id (Garut).- Ribuan botol minuman keras (miras) dimusnahkan Polres Garut. Kepolisian juga menemukan miras oplosan siap edar.

Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna, menyebut hampir 5.000 botol miras disita dari sejumlah distributor dan toko di Garut, Jawa Barat. Razia tersebut dilakukan Polres Garut sejak bulan Oktober 2018.

“Selama tiga bulan anggota melakukan razia, kami mendapatkan miras sebanyak 4.900 lebih botol. Peredaran miras paling banyak disita pada pergantian tahun,” ucap Budi di Mapolres Garut, Senin (14/1/2019).

Budi menuturkan, bukan hanya miras bermerk yang diamankan pihaknya. Namun miras oplosan pun berhasil disita.

“Ada beberapa jerigen miras yang nantinya akan dioplos. Miras oplosan ini masih banyak ditemui di Garut,” katanya.

Dua distributor miras, tambahnya, diamankan saat membawa barang haram itu. Keduanya kedapatan membawa miras dan ditangkap anggota masing-masing di Jalan Merdeka dan Bundaran Simpang Lima.

Kami berusaha untuk minimalisir peredaran miras. Untuk hilang tak mungkin, tapi diusahakan terus berkurang.

Budi mengatakan, dengan razia rutin pihaknya ingin memberi efek jera kepada konsumen dan distributor miras. Penyekatan juga dilakukan di pintu masuk menuju Garut.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Garut, Sirodjul Munir, menambahkan pemutusan peredaran miras menjadi tanggung jawab semua pihak. Miras harus dibasmi agar tak menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Pemusnahan ini jadi bukti keseriusan dalam memberantas miras. Jangan bosan untuk terus menghentikan peredarannya. Miras itu jadi awal dari segala tindak kejahatan dan kemaksiatan,” katanya.

Sirodjul juga mengimbau agar setiap tokoh agama di berbagai wilayah untuk berceramah terkait bahaya miras. Hal itu menjadi solusi untuk menyadarkan masyarakat agar tak mengonsumsi miras. (FW)

Ilustrasi Minuman Keras (Miras) Oplosan.

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *