Manusia Tertua di Dunia Meninggal dalam Usia 113 Tahun

Manusia Tertua di Dunia Meninggal dalam Usia 113 Tahun

Manusia tertua di dunia, Masazo Nonaka menghembuskan nafas terakhir di rumahnya. Supercentenarian yang menggemari manisan itu meninggal dunia pada usia 113 tahun.

Pemegang Rekor Manusia Tertua di Dunia, Masazo Nonaka Akhirnya
Tutup Usia

Konten.co.id (Tokyo).- Masazo Nonaka (113), pemegang Guinness World Records sebagai manusia tertua di dunia, tutup usia pada Minggu (20/1/2019) dini hari waktu setempat. Menurut salah seorang cucunya, Yuko Nonaka, kepada Times, sang kakek meninggal alami di rumahnya di Ashoro, Hokaido, Jepang Utara.

Yuko menjelaskan, pada saat tidur kakeknya tidak menunjukkan gejala apa-apa. Ia tampak tertidur pulas seperti biasa, sampai akhirnya kakak perempuan Yuko mengetahui sang kakek tidak lagi bernafas. Setelah menjalani pemeriksaan medis, Masazo dinyatakan meninggal oleh dokter keluarganya.

“Dia tidak memiliki masalah kesehatan. Dia pergi dengan damai dan itulah setidaknya penghiburan kita,” kata Yuko. Masazo Nonaka, yang menggemari camilan manisan itu terbiasa berendam di mata air secara teratur. Usai berendam, biasanya ia pulang ke penginapan menggunakan kursi roda, dan mengenakan topi rajut khasnya.

Masazo sendiri hidup lebih lama dari ketujuh saudara kandungnya, istri, dan tiga dari lima anak mereka.

Pada bulan April 2018, Masazo Nonaka mendapat sertifikat dari Guinness World Records sebagai manusia tertua di dunia dalam usia 112 tahun 259 hari.

Sang supercentenarian dilahirkan pada tanggal 25 Juli 1905. Ia tumbuh dalam keluarga besar. Sejalan waktu, ia dipercaya menggantikan orang tuanya mengelola penginapan sumber air panas yang selama empat generasi menjadi usaha keluarganya. Kini, penginapan berusia 106 tahun itu dijalankan sang cucu, Yuko Nonaka.

Jepang sendiri dikenal sebagai negara dengan populasi penduduk berusia lanjut cukup banyak. Menurut Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan setempat, pada September 2018 diketahui jumlah penduduk berusia 100 tahun mencapai 69.785 jiwa, hampir 90 persen di antaranya wanita. (ONI)***

Kang Oni
AUTHOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *