fbpx

Mahasiswa Uniga Latih Mitigasi Bencana Murid SD

Mahasiswa Uniga Latih Mitigasi Bencana Murid SD

Latihan kebencanaan diberikan sejumlah mahasiswa di Garut kepada para murid SD. Pelatihan itu diberikan karena Garut jadi daerah rawan bencana.

Jadi Daerah Rawan, Pelajar di Garut Simulasi Bencana

Konten.co.id (Garut).- Para murid di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Arrochman, Desa Cintaasih, Kecamatan Samarang, Garut, Jawa Barat mendapat pelatihan mitigasi bencana.

Simulasi mitigasi itu diberikan oleh para mahasiswa Universitas Garut (Uniga) yang tengah melaksanaka Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sebagai daerah rawan bencana, mitigasi sangat diperlukan masyarakat Garut.

“Ini jadi bekal bagi adik-adik kita di sekolah. Biar saat terjadi bencana mereka tidak kebingungan,” ucap Hakim Ghani, salah seorang mahasiswa, Rabu (16/1/2019).

Diakui Hakim, ia dan rekan-rekannya ingin memberikan ilmu yang bermanfaat bagi para murid. Jangan sampai saat terjadi bencana, mereka berlarian tak jelas. Seperti saat gempa bumi terjadi.

Kami berikan ‘Tiga Gerakan Bebas Gempa’ kepada anak-anak. Yang pertama berlindung, kedua berlari dan ketiga berkumpul di tempat yang jauh dari gedung tinggi.

“Kami ajarkan dulu untuk berlindung di bawah bangku dan alat yang berbahan kuat. Supaya jika gempa merobohkan bangunan, para pelajar tidak tertimpa reruntuhan,” katanya.

Setelah berlindung dan getaran gempa mulai tak terasa, lanjut Hakim, para pelajar kemudian disuruh berlari menghindari bangunan dan menuju ruang terbuka.

“Terakhir kita berikan pemahaman agar para pelajar berkumpul di lokasi yang terbuka dan jauh dari gedung tinggi,” katanya.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya penanggulangan bencana alam yang kerap terjadi di Garut.

Dengan kegiatan ini, diharap para pelajar dapat mengerti cara menghindar dari bencana dan menjelaskan kembali ilmu ini ke keluarga mereka.

“Selain tiga gerakan tadi, kami juga ajarkan doanya. Pada dasarnya segala pertolongan datang dari Tuhan,” ujarnya. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video