Longsor di Jalan Bandung-Garut Lumpuhkan Lalin Garsel

Longsor di Jalan Bandung-Garut Lumpuhkan Lalin Garsel

Longsoran tanah menutup jalur utama Bandung-Garut via Cisewu, Minggu (13/1/2019).

Jalan Bandung-Garut Via Cisewu Tertutup Longsor

Konten.co.id (Garut).- Longsoran tebing setinggi sekitar 75 meter menimbun jalur Garut-Bandung via Cisewu. Longsoran itu terjadi tepatnya di Kampung Cihandeuleum, Desa Sukajaya, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu (13/1/2019).

Longsor terjadi sekira pukul 16.00 WIB dan sempat membuat kendaraan dari dua arah tertahan beberapa jam. Pembersihan material longsor sedikit terhambat karena menunggu alat berat datang ke lokasi.

Camat Cisewu, Doni Rukmana, menyebut, akibat material longsor yang menutupi hampir seluruh badan jalan memaksa dilakukan penutupan sementara. Jalur dari ke dua arah selama hampir dua jam tak bisa melintas. 

Jalur Bandung-Garut sempat tertutup. Setelah alat berat diturunkan kini jalan sudah bisa dilalui.

Setelah alat berat milik Dinas PUPR Provinsi Jawa Barat diterjunkan, secara bertahap kendaraan mulai bisa melintas.

“Sebelumnya kita membersihkan longsoran tebing dengan alat manual. Setelah alat berat diturunkan, material longsoran tanah baru bisa diatasi,” kata Doni, Minggu (13/1/2019).

Doni menandaskan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Kini lalu lintas sudah kembali normal. Namun pengendara harus hati-hati mengingat jalur Bandung-Garut via Cisewu rentan terjadi longsor saat musim hujan seperti sekarang. (MHI)***

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *