Kemenlu Tunjuk Ambo Tuwo Jadi Konsul Kehormatan Prancis

Kemenlu Tunjuk Ambo Tuwo Jadi Konsul Kehormatan Prancis

Salah satu dosen Universitas Hasanuddin ditunjuk menjadi konsul kehormatan. Rekam jejaknya di dunia pendidikan tak perlu diragukan.

Dosen Unhas Ini Jadi Konsul Kehormatan

Konten.co.id (Makassar),- Guru besar Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Prof. Dr. Ir. Ambo Tuwo, DEA ditunjuk menjadi konsul kehormatan Prancis untuk Indonesia. Penunjukkan itu setelah mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah Prancis.

Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, mengatakan pihaknya telah menerima tembusan surat undangan penyerahan Surat Pengakuan (exequatur). Isinya menyatakan salah satu staf pengajar Unhas sebagai konsul kehormatan.

“Dalam surat menyatakan Prof. Dr. Ir. Ambo Tuwo, DEA, dosen di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, dipercaya Konsul Kehormatan Indonesia di Prancis,” kata Suharman, Jumat (11/1/2019). 

Ambo Tuwo, yang akrab disapa dikalangan kampus dengan nama ‘Bowo’ menerima Exequatur bersama tiga orang dengan negara yang berbeda dari Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Exequatur diserahkan langsung oleh Dirjen Protokoler dan Konsuler Kementerian Luar Negeri, Andri Hadi di Kantor Kemenlu, Jakarta, pada hari Jumat. Konsul kehormatan memiliki fungsi yang sangat penting dalam mempererat hubungan antar bangsa.

Guru besar kelahiran Makassar 56 tahun itu pernah menghabiskan waktu enam tahun di Prancis.

Profesor Ekologi Termuda

Ambo Tuwo menyandang gelar profesor di bidang ekologi laut saat berusia 38 tahun. Ia menyelesaikan program magister di Universite de Bretagne Occicentale, Brest Prancis bidang manajemen sumber daya pesisir tahun 1990. 

Ia kemudian melanjutkan pendidikan doktor di universitas yang sama bidang biologi oseanografy tahun 1993. 

Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina, mengatakan dengan pengalaman dan jejaring yang dimiliki, Prof Ambo Tuwo akan sukses mengemban amanah tersebut. 

“Semoga dengan kepercayaan ini, Unhas juga akan semakin dikenal dan mengangkat reputasi Unhas di Prancis maupun di kancah global,” ucap Dwia. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *