Gulai Kerupuk Jangot. Ehmmm … Lezat!

Gulai Kerupuk Jangot. Ehmmm … Lezat!

Gulai kerupuk jangot merupakan masakan khas dari Sumatera Barat. Selain rasanya lezat, ternyata juga banyak mengandung khasiat.

Ingin Sensasi Makan Siang yang Berbeda, Gulai Kerupuk Jangot Boleh Dicoba

Konten.co.id (Sumbar).- Kerupuk kulit. Di beberapa daerah menyebutnya rambak atau jangek. Ternyata makanan berbahan baku kulit sapi atau kerbau ini tidak cuma enak untuk camilan. Kalau diolah, kerupuk kulit ternyata bisa menjadi masakan sedap yang membuat kita ngiler.

Di Sumatera Barat misalnya, kerupuk kulit diolah menjadi gulai. Di sana disebutnya gulai kerupuk jangot. Selain lezat rasanya, gulai kerupuk jangot juga baik untuk kesehatan tubuh. Sebab, kerupuk jangot banyak mengandung protein hewani.

Kandungan gizi dalam kerupuk jangot berkhasiat untuk pertumbuhan dan regenerasi sel. Meningkatkan pembentukan energi dan ketahanan tubuh, serta meningkatkan massa otot.

Kandungan kalsium dan fosfor pada kerupuk jangot juga sangat baik untuk pertumbuhan tulang. Manfaatnya semakin bertambah ketika dimasak menjadi gulai kerupuk jangot. Konon bisa untuk mengobati penyakit maag.

Sebab, dalam pengolahannya menggunakan bebarapa rempah termasuk kunyit. Selama ini kunyit biasa dijadikan obat herbal untuk mengatasi mual dan perut perih akibat maag.

Tidaklah heran, gulai kerupuk jangot kemudian menjadi santapan khas yang kerap diburu para kuliner mania. Hanya saja harus ingat, mengonsumsinya jangan berlebihan. Kandungan lemak dan micin yang terdapat dalam kerupuk lulit, bila dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan obesitas serta meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Sepanjang dikonsumsi dalam jumlah wajar, gulai kerupuk jangot tetap menjadi hidangan sehat yang lezat. Cocok dihidang saat makan siang. Pokoknya, maknyos rasanya.

Bila Anda tergoda, coba saja masak sendiri di rumah. Resepnya kami tuliskan di bawah ini. (WETI/berbagai sumber)***

Kang Oni
AUTHOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *