Bahaya, Malaria Monyet Ekor Panjang Papar Warga Aceh

Bahaya, Malaria Monyet Ekor Panjang Papar Warga Aceh

Empat warga terserang malaria monyet ekor panjang di Aceh. Pemerintah melarang warga untuk mendekati monyet jenis itu.

Warga Aceh Terpapar Malaria dari Monyet Ekor Panjang

Konten.co.id (Aceh).- Warga Aceh Barat terjangkit penyakit malaria yang ditularkan monyet ekor panjang. Malaria monyet ini sangat berbahaya karena virusnya menyerang sistem sel saraf. Dampaknya bisa menyebabkan kematian.

“Sudah ada empat orang yang terjangkit virus ini di Aceh Barat. Warga diimbau tidak mendekati monyet ekor panjang,” kata Kepala UPTD Labkesda Aceh Barat, Nany Erlisa SKM, Selasa (15/1/2019).

Data yang diperoleh di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, ada empat orang warga yang terjangkit penyakit ini. 

Penyebaran penyakit malaria dari monyet ekor panjang ini bermula saat warga di Kecamatan Panton Reue, Aceh Barat, memelihara monyet. Sepekan kemudian pasangan suami istri pemelihara monyet itu mulai menderita penyakit.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas di Puksesmas Kuala Bhee, Kecamatan Woyla, keduanya terindikasi terinfeksi malaria. Setelah diteliti hasil sampel darahnya, warga tersebut menderita malaria monyet.

Guna mencegah kasus serupa, saat ini Dinas Kesehatan Aceh Barat beserta jajaran terus melakukan sosialisasi di masyarakat. Tujuannya agar serangan penyakit ini dapat terhindarkan, mengingat  dampak yang ditimbulkan sangat berbahaya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Barat, T R Ridwan, mengatakan organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) menganjurkan masyarakat Aceh menjauhi satwa monyet karena dapat terinfeksi malaria. Anjuran itu diterima Kadinkes Aceh Barat pada 9 Januari 2019.

Namun kabar baiknya, kata dia, penyebaran penyakit ini hanya terjadi dari monyet ke manusia. Sementara manusia yang sudah terjangkit tak bisa menularkan penyakit ini.

“Jadi penyebarannya hanya dari monyet ke manusia. Tidak dari manusia ke manusia,” katanya.

Dari hasil diskusi pihaknya dengan tim dari Jakarta, malaria ini masih tergolong langka. Sehingga ada wacana akan diberi nama khusus untuk malaria monyet ekor panjang tersebut. (MHI)***

Infografis penyakit yang ditularkan monyet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *