fbpx

543 Kelas di Garut Akan Diperbaiki, 782 Masih Rusak

543 Kelas di Garut Akan Diperbaiki, 782 Masih Rusak

Pada tahun ini ratusan ruang kelas SD di Garut akan mendapat bantuan perbaikan. Namun masih banyak ruang kelas yang kondisinya memprihatinkan.

Perbaikan Kelas di Garut Telan Anggaran Rp 66,9 Miliar

Konten.co.id (Garut),- Ratusan ruang kelas Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Garut, Jawa Barat dalam kondisi rusak. Kerusakan ruang kelas itu karena usia bangunan yang sudah puluhan tahun.

Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan (Disdik) Garut, Ade Manadin, menyebut ada 543 ruang kelas yang kondisinya rusak. Selain sudah tua, sejumlah bangunan sekolah juga terdampak bencana alam.

“Ada beberapa ruang kelas yang tidak dapat digunakan. Sebanyak 543 kelas itu akan direhab dengan dana alokasi khusus (DAK) di tahun ini,” ujar Ade kepada wartawan di Garut, Selasa (8/1/2019).

Pemerintah pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp 66,9 miliar untuk perbaikan ruang kelas.

Dana perbaikan ruang kelas itu, lanjutnya, mengalami kenaikan drastis dibanding tahun lalu. Pada 2018, pihaknya hanya menerima DAK sebesar Rp 22 miliar.

Sebelumnya Disdik Garut telah mengusulkan perbaikan ruang kelas rusak sebanyak 1.325 yang tersebar di 391 sekolah. Namun yang terealisasi hanya 543 kelas. Artinya ada 782 ruang kelas yang belum mendapat perhatian.

“Dari Bapenas hanya menyetujui 500an sekolah. Hanya yang rusak berat bisa mendapat bantuan. Sedang yang rusak ringan dan sedang tidak termasuk. Katanya bisa gunakan dana BOS,” katanya.

Selain perbaikan untuk kelas yang rusak berat, pemerintah pusat juga mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB). Sebanyak 118 RKB akan dibangun di beberapa sekolah.

“Perbaikan ini untuk meningkatkan kualitas di SD. (Perbaikan) akan terus dilakukan melalui anggaran dari APBN atau dari DAK,” ucapnya. (FW)

Iman Hidayat
ADMINISTRATOR
PROFILE

Berita Lainnya :


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *

Aplikasi Android

Aplikasi Portal Berita Konten di Google PlayStore

Satire

Berita Pilihan

Berita Video