40 Tewas Dalam Reruntuhan Tambang Emas di Afghanistan

40 Tewas Dalam Reruntuhan Tambang Emas di Afghanistan

Sejumlah penambang emas terjebak dalam reruntuhan tambang. Hanya 10 orang yang berhasil selamat dan sisanya dinyatakan tewas.

Puluhan Tewas Dalam Reruntuhan Tambang Emas di Afganistan

Konten.co.id (Afganistan),- Sekitar 40 orang tewas saat sebuah tambang emas runtuh pada hari Minggu (6/1/2019) di Afghanistan utara. 

Menurut pihak berwenang di Afganistan, Sepuluh penambang lainnya terluka dalam insiden itu. Penyebab runtuhnya tambang masih dalam penyelidikan.

“Peristiwa runtuhnya tambang terjadi ketika mereka mencari emas di distrik Kohestan di provinsi Badakhshan,” kata anggota parlemen Afghanistan, Fawzia Koofi dalam sebuah pernyataan seperti dikutip CNN.com.

Pejabat provinsi Nek Mohammad Nazari mengatakan semua korban adalah pekerja tambang.

Penambang yang sebagian besar tidak berlisensi itu menggunakan eskavator ketika tambang runtuh.

Dilansir dari BBC.com, penduduk setempat dilaporkan telah menggali lubang sedalam 60 meter di dasar sebuah sungai untuk berburu emas, dan terjebak oleh reruntuhan yang kemungkinan disebabkan oleh naiknya air.

Kepala distrik Kohistan, Rostam Raghi, mengatakan kepada kantor berita BBC di Afghanistan yang menyatakan penduduk setempat sempat bergegas ke tempat kejadian dan hanya berhasil menyelamatkan 13 pekerja. “Puluhan lainnya, termasuk beberapa anak, tewas,” kata Raghi. (FW)

Denis Septianda
ADMINISTRATOR
PROFILE

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *